BAB I
1. PENDAHULUAN
Pendidikan
tinggi diharapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat
kemampuan yang terdiri atas :
- Kemampuan Akademik,
- Kemampuan Profesi, dan
- Kemampuan Pribadi
Dengan seperangkat
kemampuan yang dimiliki diatas lulusan perguruan tinggi diharapkan menjadi
sarjana yang sujana yaitu sarjana yang cakap dan ahli di bidang yang ditekuninya
serta mau dan mampu mengabdikan keahliannya untuk kepentingan masyarakat
Indonesia.
Adapun kemampuan
pribadi,diharapkan untuk dapat dicapai melalui sekelompok mata kuliah yang
tergabung dalam Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU).
Tema pokok
perkuliahan ISD sebagai bagian dari MKDU adalah hubungan timbal balik antara
manusia dengan lingkungannya. Hubungan tersebut dapat mewujudkan adanya
kenyataan-kenyataan social dan masalah-masalah social.
2. Pengertian,
Tujuan ISD dan IPS
BAB II
PEMBAHASAN
- Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan
yang menela’ah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh
masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep,
teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan
ilmu-ilmu social seperti : sejarah,ekonomi, geografi, sosial, sosiologi,
antropologi, psikologi sosial.
Ilmu sosial dasar tidak merupakan gabungan ilmu-ilmu sosial yang dipadukan,karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya masing-masing yang tidak mungkin di padukan.
Ilmu sosial dasar tidak merupakan gabungan ilmu-ilmu sosial yang dipadukan,karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya masing-masing yang tidak mungkin di padukan.
- Tujuan Ilmu Sosial Dasar
Sebagai salah satu dari mata kuliah
dasar umum. Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
- Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan maslah-masalah sosial yang ada di dalam masyarakat.
- Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
- Menyadari setiap masalh sosial yang timbul dala masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.
- Memahami jalan pikiran para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
3. Kelompok Ilmu Pengetahuan
Berdasarkan dari macam-macam buku
besar yang telah dijadikan sebagai sumber dan patokannya ilmu penetahuan dibagi
menjadi tiga yaitu:
- Ilmu pengetahuan alam
Menjalani hidup didunia ini kita
tidak sendiri sebagai mahkluk hidup, dikarenakan kita juga perlu adanya
keterkaitan hubungan yang saling menguntungkan, menguntungkan hanya satu pihak,
dan sama-sama merugikan semua itu dilakukan begitu saja tanpa mengenal
perubahan jaman dikarenakan itu semua dilakukan demi kelangsungan hidupnya.
- Ilmu pengetahuan sosial
ilmu pengetahuan sosial adalah ilmu
yang mempelajari tentang unsur-unsur atau nilai-nilai dari berinteraksi sosial,
nilai kehidupan kita dalam melakukan suatu kegiatan, berpikir menjadi orang
mempunyai rasa nilai tenggang rasaan sesama manusia didalam ilmu pengatahuan
sosial dibagi menjadi beberapa ilmu yaitu: sejarah, geografi, ekonomi, dan
masih banyak lagi dan berikut penjelasannya
- Ilmu pengetahuan budaya atau biasa disebutnya Ilmu penetahuan humaniora
Di dunia ini banyak sekali Negara
dan juga rakyatnya dengan berbagai macam suku dan budaya disetiap suku atau
etnic mempunyai perbedaan dan juga cirri khas yang bisa kita membedakannya dari
mulai pakaiannya, tutur bahasanya, dan juga norma-norma kehidupannya sehingga
dari situ lah kita bisa menyimpulkan bahwa ilmu kebudayaan adalah ilmu yang
mempelajari tentang suatu norma asas di setiap wilayah diberbagai Negara, tidak
semua kebudayaan itu sama dan juga tidak lain pula dinegara satu mudah menerima
kedatangan buadaya yang berasal dari Negara lain
4. Perbedaan antara ISD dan IPS
- Ilmu sosial dasar diberikan di Perguruaan Tinggi, Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
- Ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial dasar merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
- Ilmu Sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang ilmu pengetahuan social diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
5. Persamaan antara ISD dan IPS
- Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.
- Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
- Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial,hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengidentifikasi kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tersebut. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan 3 golongan :
- Kenyataan-kenyataan social yang ada dala mmasyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
- Konsep-konsep social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep dasar atau elemnter saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah social yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
- Masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan social yang antara yang satu dengan yang lainnya berbeda.
Referensi :
- http://bayupirmansah.blogspot.com/2010/10/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup-isd.html
- http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/mkdu_isd/bab1-ilmu_sosial_dasar_sebagai_salah_satu_mata_kuliah_umum.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar