Rabu, 11 Maret 2015

BETAWI

Sudah lama sekali tidak menulis di dalam blog ini maklumlah susah cari waktu santai. Kebetulan sekarang sedang ngga terlalu sibuk sama kerjaan jadi bisa buka buka blog. Selain bekerja ane juga lanjutin kuliah biar bisa jadi sarjana..hehehe

Kebetulan ane dapet tugas kuliah nih yang menceritakan tentang adat kita masing-masing. Langsung aje kali ya biar ngga kepanjangan ngetiknya.

Ane asli Betawi tepatnya lahir di Bekasi, tau kan Bekasi itu gimana?? Kota yang sekarang sudah jadi kota metropolitan dengan mall yang ada dimana-mana.hehehe..

Bagi ane Betawi itu unik karena banyak bahasa kerennya yang bikin kita ketawa dan bisa jadi bahan candaan contohnya bagen yang berarti "biarin aja",ora danta yang berarti "ngga jelas",ilokan yang berarti " masa sih", mewek yang berarti "menangis".

Selain bahasanya yang keren, betawi juga enak dengan makanan dan minumannya seperti gabus pucung,dodol betawi,kue rangi,asinan betawi,bir pletok,gado-gado,getuk lindri,semur jengkol,es doger,kue cucur,kue lupis,kue pancong dan wajik.

Apalagi waktu ada acara pernikahan pasti ada tuh roti buaya yang di barengi sama seserahan. ngomong-ngomong pernikahan dengan adat betawi pasti ada tuh yang namanya palang pintu. Palang pintu biasanya ada di awal upacara pernikahan adat betawi.

Pada hakekatnya palang pintu bermaksud untuk menahan laju dari mempelai pria yang hendak menuju kediaman mempelai wanita. Untuk bisa memasuki ke kediaman pengantin wanita tinggal, rombongan pengantin pria harus bisa memenuhi persyaratan yang diajukan oleh palang pintu dari mempelai wanita.

Syarat dari palang pintu cuma ada dua yaitu syarat pertama mengalahkan melalui perkelahian yakni dengan beladiri silat. Karena budaya betawi dikenal dengan beladiri silatnya.

Syarat yang kedua yaitu rombongan pengantin pria harus bisa menunjukkan keterampilan dalam hal mengaji atau membaca Al-Quran. Jika kedua syarat ini terpenuhi maka calon mempelai pria di persilahkan masuk ke rumah calon mempelai wanita untuk menikahi sang pujaan hati yang sedang menunggu.

Ada pesan atau makna tersendiri dari syarat yang tadi bahwa yang terkandung dari upacara palang pintu adalah penganten pria harus bisa maen silat agar bisa melindungi calon istrinya dari orang-orang yang ingin berbuat jahat dan juga penganten pria dituntut untuk bisa mengaji agar agar bisa menjadi imam yang untuk anak dan istinya.

Sepertinya sampai disini dulu pembahasan tentang adat betawi klo terlalu panjang nanti bisa pusing sendiri ente bacanya..

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ane, mudah-mudah kita semua di beri sehat dan rejeki yang berlimpah oleh Allah swt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar