Kamis, 09 April 2015

Film Filosofi Kopi

Dua sahabat sejak kecil, yaitu Ben (Chicco Jerikho) dan Jody (Rio Dewanto) mendirikan sebuah kedai kopi dengan nama Filosofi Kopi. Keduanya memiliki peran yang saling mengisi dan melengkapi satu sama lain di kedai tersebut. Ben sebagai peracik kopi yang handal atau barista, sementara Jody yang berurusan dengan segala hal yang berhubungan dengan bisnisnya. 
 
Namun sayangnya, di tengah Filosopi Kopi sedang berkembang, ternyata almarhum ayah dari Jody, yang juga telah merawat Ben selama 18 tahun meninggalkan hutang yang begitu besar. Hal tersebut secara otomatis menjadi beban bagi Jody. Dirinya dan Ben harus berpikir keras dan memutar otaknya guna membayar hutang tersebut. 
 
Filosofi Kopi
 
Yang juga menjadi masalah, Ben dan Jody ternyata memiliki cara pandang yang berbeda dalam mengatasi masalah itu. Ben yang idealis lebih memilih Filosofi Kopi untuk tetap menggunakan biji kopi yang berkualitas, karena menurutnya pelanggan akan datang dengan sendirinya jika kopi yang disuguhkan memiliki cita rasa yang tinggi dan berkualitas. 
 
Sementara Jody lebih berpikir kepada penghematan dan melakukan inovasi-inovasi layaknya pandangan pebisnis. Ketika keduanya deadlock, datanglah seorang pengusaha yang menantang Ben untuk membuat kopi terbaik. Imbalannya adalah sejumlah uang yang bisa menyelesaikan dan melunasi hutang mereka. 
 
Filosofi Kopi
 
Akhirnya, Ben dan Jody menerima tantangan itu dengan membuat kopi bernama Perfecto. Ironisnya, di tengah euforia dan optimisme Ben dan Jody dengan Perfecto, mereka bertemu dengan Q-Grader bernama El (Julie Estelle). Ia mengatakan ada kopi yang lebih baik dari Perfecto di Indonesia, yaitu kopi Tiwus. Kopi tersebut diracik oleh Pak Seno (Slamet Rahadjo) dan Bu Seno (Jajang C. Noer). 
 
Itulah peristiwa-peristiwa kunci yang ada dalam film terbaru produksi Visinema Pictures berjudul Filosofi Kopi the Movie. Film yang diadaptasi dari cerpen karya Dewi lestari dengan judul yang sama ini sangat patut diapresiasi bagi Anda pecinta film Indonesia. Cerita yang ditawarkan Angga Dwimas Sasongko sebagai sutradara dalam memvisualisasikan cerpen tersebut bisa dibilang sangat baik dan melebihi ekspektasi.
 
Filosofi Kopi
 
Film drama ini tak menawarkan Anda drama romansa picisan yang melelahkan. Tapi justru sebuah drama yang dari awal hingga akhir memang bercerita tentang kopi dan orang-orang yang passionate tentangnya. Filosofi Kopi the Movie akan menunjukkan kepada Anda bagaimana seseorang begitu menghargai kopi dan hidup dengan segala filosofinya. 
 
Ini merupakan sudut pandang yang menarik, ketika sebuah film drama sedikit keluar dari pakemnya yang kebanyakan mengutamakan romantisme. Tokoh perempuan cantik El yang diperankan oleh Julie Estelle pun tak muncul sebagai pemanis, tetapi justru menunjukkan di samping manisnya kopi, ada pula pahitnya. Itulah justru peran El di film ini. 
 
Filosofi Kopi
 
Jadi, Anda jangan berharap menemukan romantisme dua sejoli di film ini. Yang Anda akan temukan adalah romantisme seseorang dengan kopi. Anda juga akan ditunjukkan kecintaan seseorang kepada kopi lewat bagaimana orang itu memperlakukan kopi layaknya anak sendiri. Mulai dari awal menanamnya hingga meraciknya menjadi sebuah kopi dengan cita rasa tinggi dan berkualitas. Inilah estetika terbaik di film ini. 
 
Selain itu, banyak juga pesan moral yang tersemat di film ini. Sehingga, filosofi-filosofi yang terlontar tak hanya hidup di film itu, melainkan juga mampu menginspirasi penonton yang menyaksikannya. Terutama soal pandangan hidup, arti sebuah persahabatan, dan keluarga. Jadi, kata filosofi yang terdapat di judul film tak hanya menjadi hiasan atau pemanis belaka.
 
Filosofi Kopi the Movie pada intinya juga bercerita soal bagaimana seseorang bisa berdamai dengan masa lalunya. Film ini menunjukkan, terkadang ketika seorang manusia memiliki luka di masa lalu dan melupakannya, hal itu justru membuatnya lupa akan hakikat kehidupan yang ia pilih sebagai jalan hidupnya. Mungkin ia memiliki passion, tapi belum tentu memiliki cinta. 
 
Penasaran dengan kisah selengkapnya? Saksikan Filosofi Kopi the Movie mulai 9 April 2015 Bioskop Kesayangan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar