Kamis, 05 November 2015

Hari Pertama di Belitung (Negeri Laskar Pelangi)

Sabtu Tgl 24 Oktober 2015 kemarin saya bersama teman backpacker melakukan perjalanan ke Belitung selama 3 hari.Kami berangkat sekitar Pukul 07.20 dengan menggunakan Pesawat Sriwijaya Air dari Bandara Soekarno Hatta. Kebetulan waktu keberangkatan cuaca sedang cerah dan kami bisa berangkat kesana karena ada kabar di Belitung ada asap kiriman dari Sumatera.

Sesampai disana kita di jemput oleh travel yang sudah kita pesan.Sekedar info saja di Belitung tidak ada angkutan umum jadi harus menyewa mobil atau motor. Dari Bandara kita mau Sarapan dulu karena tidak sempat sarapan pas di Jakarta.Kita sarapan di Kedai Mak Jannah yang sudah terkenal di kawasan Belitung.

Selesai Sarapan saya dan rombongan langsung menuju Museum Kata Andrea Hirata yang terletak di daerah Lenggang,Kecamatan Gantung, Belitung Timur. Di museum ini banyak sekali kutipan kata-kata yang diambil dari Novelnya Andrea Hirata salah satunya Laskar Pelangi.

Museum Kata Andrea Hirata
Laskar Pelangi Internasional Edition

Gerbang Museum Kata

Dari Museum Kata kita melanjutkan perjalanan Menuju Replika SD Muhammadiyah yang berada di Kecamatan Gantung yang tidak jauh dari Museum Kata. Sangat disayangkan di bangunan ini banyak coretan coretan tidak jelas dari para alay..Kondisi SD Muhammadiyah ini sudah usang sehingga harus di sangga oleh kayu besar yang berada disebalah kanan bangunan.

Replika SD Muhamadiyah 'Laskar Pelangi'

Tak Berasa waktu sudah sore kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan esok hari. Sebelum balik ke hotel kita sempatkan dulu untuk mampir di Kedai Kong Djie Coffee yang terletak di daerah Tanjung Pandan,Belitung. Kopi disini sungguh nikmat kita bisa pesan kopi yang panas atau dingin tergantung selera masing-masing. Saya akui saya ketagihan dengan kopi disini.